Cara Merawat Laptop Biar Awet

Di era mobilitas seperti sekarang, siapa yang tidak butuh laptop? Lantaran fungsinya yang amat penting, tak jarang sedikit kerusakan atau gangguan saja yang terjadi pada laptop bisa jadi masalah besar yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun di satu sisi, memang tak mudah merawat gadget supaya tak jatuh atau terbentur, kena air, atau tergores. Belum lagi masalah pada perangkat lunak di mana tak semua orang memahaminya.

Memang harus diakui, jika penggunaan laptop lebih dari 3 tahun pastinya akan menurunkan performa . Tak hanya terkait masalah lama pakainya saja, namun juga kelalaian pengguna bisa turut memperparah kerusakan yang ada. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk merawat laptop biar awet baik perangkat lunak maupun untuk perangkat kerasnya.

1. Defragmented hardisk

Untuk merawat perangkat lunak, seperti dikutip Femina, Consumer Lead, Lenovo Indonesia, Julius Chin mengemukakan, agar pengguna secara rutin bisa melakukan defragmented harddisk di menu program. Ia juga mengingatkan agar pengguna tidak sembarangan menutup aplikasi, menyalin, menghapus, atau memindahkan file sehingga sistem di laptop jadi acak-acakan serta jangan terlalu sering install dan uninstall program. Akibatnya, kinerja laptop jadi menurun. Sistem yang acak-acakan (fragmentasi) juga membuat harddisk bekerja esktra keras mencari data atau file. Ia mengimbau agar defragmented dilakukan paling tidak seminggu sekali.

2. Perbarui software atau program

Pengguna juga diimbau agar jangan malas melakukan update software. Misalnya, saat antivirus meminta agar pengguna melakukan update, maka lakukan saja. Pada dasarnya, update bertujuan untuk menyempurnakan fungsi yang telah ada, seperti menghilangkan bugs yang bisa merusak sistem laptop. Dengan update berkala maka gadget pun bisa berfungsi dengan baik. Apabila memang laptop sudah benar-benar tak optimal kinerjanya, hingga menganggu aktivitas, maka bisa meminta bantuan ke layanan resmi merk. 

3. Pertahankan baterai tetap dingin

Dilansir PC world, penggunaan batere jenis lithium tak dimungkiri akan cepat haus, apapun yang pengguna lakukan. Hindari panas dan gunakan batere seperlunya saja. Jika kamu menjalankan AC power untuk sementara, matikan atau hibernasikan komputer, lepas batere, dan lebih baik bekerja tanpanya. 

4. Bersihkan keyboard dan layar

Meski hal sepele, ternyata banyak juga pengguna laptop yang abai terhadap kebersihan laptop itu sendiri. Ketika keyboard mulai tak enak dijamah karena debu, mulailah bersih-bersih, begitu pula dengan bagian layarnya. Matikan PC lebih dulu, lalu usapkan lap khusus pembersih laptop atau microfibre (kering) ke seluruh bagian luar laptop. Pastikan membaca instruksi dengan teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BIDTECHNO - Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website